(Jakarta) Spesifikasi kebutuhan konsumen menjadi perhatian utama PT Astra International Tbk-Isuzu Sales Operation (Astra Isuzu) dalam menawarkan produknya. Dengan cara itu, diharapkan solusi yang ditawarkan benar-benar bisa menjawab spesifikasi kebutuhan konsumen secara utuh. Chief Operation Officer (COO) Astra Isuzu Yohanes Pratama mengatakan, pemahaman terhadap kebutuhan konsumen secara utuh sangat penting. Sehingga, Astra Isuzu bisa membantu konsumen menemukan solusi terbaik untuk mendukung bisnis mereka. “Jadi, Astra Isuzu tak hanya menjual kendaraan komersial saja, tetapi memberikan solusi yang komprehensif bagi perkembangan bisnis customer,” ucap Yohanes dalam siaran resmi Kamis (17/6/2021) dalam acara “Serah Terima Isuzu GIGA sebagai armada operasional Kiat Ananda Group.
Menurut Yohanes, sekitar 90 persen kendaraan yang ditangani Astra Isuzu adalah kendaraan komersial. Kendaraan komersial merupakan barang modal, sehingga harus efisein dan juga memberi keuntungan untuk konsumen. Lebih jelasnya, harga beli dan harga operasional harus kompetitif, di mana kendaraan komersial itu harus efisien sehingga mendukung kelancaran bisnis konsumen. “Karena ini barang modal maka jam operasionalnya juga harus diupayakan semaksimal mungkin 24 jam sehari. Kalau pun ada kerusakan, jangan sampai terlalu lama sehingga mengganggu operasional perusahaan,” kata Yohanes.
Di sinilah peran after sales service yang memadai, baik itu perawatan kendaraan dan ketersediaan suku cadang, sangat dibutuhkan. Sehingga, bisa menekan waktu perawatan kendaraan. Saat ini, Astra Isuzu didukung oleh 72 unit Bengkel Isuzu Berjalan (BIB) mobil dan 5 unit BIB motor yang beroperasi 24 jam non stop untuk melayani servis rutin dan memperbaiki kerusakan ringan kapan pun dan di mana pun. Serta memiliki 358 mekanik yang telah tersertifikasi oleh ATPM Isuzu Indonesia.
Secara terpisah, Chief Operation Officer (COO) Transport Kiat Ananda Group Otto Iskandar mengatakan, efisiensi menjadi salah satu alasan pihaknya memilih armada Isuzu. Alasan lainnya yaitu after sales service dan euro 4 ready, bukan sekadar harga.
Otto menjelaskan, Isuzu GIGA dipilih karena telah menggunakan teknologi mesin commonrail yang lebih irit bahan bakar dan telah memenuhi standar Euro4, sehingga lebih ramah lingkungan. Saat ini perseroan didukung 750 unit armada truk untuk melayani distribusi logistik khusus food manufacturing serta food and baverage seperti, susu, es krim, daging beku, ikan beku, dan sebagainya ke berbagai daerah di Indonesia. Armada truk perseroan ini bisa mengantar barang dari Jakarta hingga Aceh di bagian Barat dan Bima, Nusa Tenggara Barat di bagian Timur. Semua armada perusahaan ini sudah dilengkapi dengan sistem pendingin yang mampu bertahan hingga tujuh hari, sehingga kualitas barang yang diantar dijamin tetap terjaga sampai di tangan konsumen. Otto berharap dengan melakukan efisiensi, bisnis perseroan setiap tahunnya dapat bertumbuh di kisaran 15 persen sampai 20 persen.
Soal efisiensi, Yohanes menjelaskan, Isuzu GIGA mampu menghemat bahan bakar minyak (BBM) sekitar 35 persen sampai 40 persen karena telah memakai teknologi mesin commonrail. Hal ini sangat membantu efisiensi customer dan mendukung mereka untuk lebih kompetitif di pasar.
Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang diolah, penjualan Isuzu GIGA pada periode Januari-Mei 2021 naik 28,8 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.
Selain itu, Astra Isuzu juga menawarkan manpower contract di mana Isuzu menempatkan mekaniknya di pool customer untuk memantau kendaraan customer. Dengan cara ini, customer tak perlu repot mengurus perawatan kendaraan dan bisa lebih fokus menggarap bisnisnya.
Artikel dan Berita Terkait
Walikota Magelang Apresiasi Peluncuran Armada Logistik Luxena Victory
24 July 2021
Awal Juli lalu Luxena Victory meluncurkan armada logistik, Walikota Magelang H.M Nur Aziz turut bersyukur atas diluncurkannya 90 armada logistik milik Luxena Victory. Aziz menjelaskan, langkah tersebut dilakukan agar Trans Magelang sebagai salah satu perusahaan pelayanan sarana transport publik di Magelang menjadi berkualitas. Tawaran ide kolaborasi ini tercetus saat menerima kunjungan jajaran manajemen PT Luxena [...]
Kampanye Astra Hijau, Astra Isuzu Dukung Gerakan Nasional Program Kampung Iklim (Proklim) Di Kampung Binaan Astra
5 March 2021
PT Astra International Tbk – Isuzu Sales Operation atau yang lebih sering disebut dengan Astra Isuzu, telah melakukan penyerahan sarana prasarana pengelolaan kompos di kampung binaan Astra Isuzu yaitu Kampung Berseri Astra (KBA) Rawasari yang berlokasi di RW. 02 Kelurahan Rawasari, Cempaka Putih, Jakarta Pusat. Martiyansyah, HC, Legal & GA Division Head Astra Isuzu (2/2/2021), [...]
Perkuat Layanan Purna Jual, Astra Isuzu Tambah Armada Bengkel Isuzu Berjalan (BIB)
5 March 2021
[Jakarta] Bengkel Isuzu Berjalan adalah bentuk pelayanan Astra Isuzu dalam mendukung perkembangan bisnis yang dinamis, BIB dapat melakukan perbaikan yang optimal dimana pun dan kapan pun sesuai keinginan pelanggan. Bengkel Isuzu Berjalan (BIB) mendukung operasional pelanggan kami yang memiliki mobilitas tinggi. Guna memperkuat layanan purna jual, pada 8 Februari 2021, Astra Isuzu menambah armada layanan [...]