Sejalan dengan CEO Letter 2017 terkait “Core Reinforcement” , pada semester pertama tahun 2017 ini, tim ASS Division Astra Isuzu telah menjalankan berbagai kegiatan termasuk diantaranya adalah ASS Basic Reinforcement Workshop pada tanggal 2-3 Mei 2017 di R Hotel Rancamaya Hotel yang dihadiri oleh seluruh workshop head dan part head nasional sebagai peserta.

Konten workshop yang berlangsung selama 2 hari tersebut antara lain Simulasi Bisnis “How to Achieve 100% Absorption Rate” pada hari ke-1 dan penyampaian materi terkait ASS Financial Aspect oleh Ibu Tingning (FA Division Head) dan ASS Business Analysis oleh Bpk Heri Wasesa (ASS Division Head) pada hari ke-2.

Yang menarik pada acara workshop tersebut adalah pada sesi Simulasi Bisnis karena merupakan hal yang baru pertama kali diadakan di Astra Isuzu. Tantangan bagi peserta dalam simulasi ini adalah bagaimana setiap kelompok dapat mengelola  bisnis ASS nya pada studi kasus tersedia agar dapat mencapai ASS Absorption Rate 100% dengan mempertimbangkan potensi bisnis dan kapasitas yang tersedia. Peserta dibagi menjadi 15 kelompok (@5 orang) dan semua kelompok dihadapkan pada kondisi yang sama.

Alur simulasi bisnis menggambarkan proses operasional ASS selama 1 tahun (Q1 – Q4) dengan alat peraga berupa Kartu yang menggambarkan unit entry, part revenue, manpower serta peran dalam simulasi yaitu head office dan 6 segmen customer. Setiap kelompok di berikan standar working paper untuk pengisian hasil simulasi. Berdasarkan parameter penilaian yang ada dan presentasi hasil simulasi oleh masing-masing kelompok, pada akhirnya dipilih 3 kelompok terbaik.

By : Ikang Achmad Mubarok